Selasa, 09 Desember 2008

Museum Mandala Siliwangi

Museum Wangsit Mandala Siliwangi adalah museum senjata yang berada di Bandung, Jawa Barat.

Nama Siliwangi sendiri adalah seorang pendiri Kerajaan Pajajaran yang kekuasaanya tak terbatas, konon raja yang arif dan bijaksana serta wibawa dalam menjalankan roda pemerintahaan, sedangkan arti Mandala Wangsit adalah sebuah tempat untuk menyimpan amanat, petuah atau nasihat dari pejuang masa lalu kepada generasi penerus melalu benda-benda yang ditinggalkannya.

Nama jalan tempat museum ini, Jl. Lembong, diambil dari nama Letkol Lembong, salah satu prajurit Siliwangi yang menjadi korban dalam Peristiwa Kudeta Angkatan Perang Ratu Adil. Sebelumnya jalan itu bernama Oude Hospitaalweg.

Bangunan yang memiliki gaya arsitektur late romanticism dibangun tahun 1910-1915 pada masa kolonial Belanda sebagai tempat tinggal perwira Belanda. Setelah kemerdekaan diambil alih oleh pasukan Siliwangi dan digunakan sebagai markas Diusisi Siliwangi (Militaire Akademie Bandung) pada tahun 1949-1950. Bangunan ini berdiri diatas tanah seluas 4.176 m2 dengan luas bangunan 1.674 m2.

Pada tanggal 23 Mei 1966 bangunan ini diresmikan sebagai Museum Wangsit Mandala Siliwangi oleh Panglima Divisi Siliwangi ke 8 Kolonel Ibrahim Adjie.

Pada Tahun 1979 dibangun gedung baru tingkat 2 yang diresmikan 10 November 1980 oleh Pangdam Siliwangi ke 15 Mayjen Yoga Sugama dan Prasastinya di tandatangai oleh Presiden RI Soeharto.

Koleksi Museum adalah benda-benda yang digunakan oleh pasukan Kodan Siliwangi, dari senjata primitif seperti tombak, panah, keris kujang, dan bom molotov, sampai dengan senjata modern seperti panser rel (buatan Indonesia), meriam, dan kendaraan lapis baja.

0 komentar:

Template by : Dirrga Blogspot